Review Oli Mobil Gulf Max SL 10W-40 Di Jupiter Z1

Sakahayangna.com – AHoiii Baraya, mamang mau sharing nih Review Oli Sesat Gulf Max SL 10W-40 Sejauh 1.486KM dan dibandingkan dengan Pertamina Fastron Techno. Selamat malam menjelang ke peraduan baraya.. Kumaha kabarna, daramang… Alhamdulillah..Baraya ada yang kenal dengan istilah oli sesat? Atau baraya memang pengguna oli sesat? Apa sih oli sesat itu? Penjelasannya panjang.. Hahaha.. Ya intinya mah oli yang digunakan bukan untuk peruntukannya, misalnya oli mobil dipake di motor..

Mungkin bagi orang awam atau yang belum mengenal tentang oli sesat, pasti banyak pertanyaan dibenaknya.. Persis ketika mamang dulu belum mengenalnya.. Hehe.. Contoh, apa ga rusak tuh mesin.. Alhamdulillah udah setahun lebih mamang pake oli sesat, mesin si jet wahid baik baik saja.. Awalnya mamang juga ragu untuk tersesat 🤣 tapi rasa penasaran mengalahkan segalanya.. Hahaha..

Berawal dari browsing browsing, ikutan group yang memang khusus membahas oli sesat, tanya tanya di forum, dan lain sebagainya.. Akhirnya memantafkan diri untuk menenggak oli sesat ini, maksudnya motor mamangnya.. Anyway, setelah merasakan langsung, seketika kekhawatiran yang dulu terbayang langsung hilang dan terbuai dalam indahnya kenikmatan tesesat..

Menyesal? Tentu… Kenapa enggak dari dulu… Hahaha. Awal tersesat mamang mencoba oli Pertamina Fastron Techno (PFT) warna hijau, yang lebih dikenal dengan sebutan si Hulk. Udah sekitar 5 atau 6 botol (lupa) mamang memakainya, dengan masa pakai terlama sekitar 4bulan dan 5.002KM.. Tentunya dengan pemakaian sebanyak itu, hafal lah ya tentang kelebihan, kekurangan dan karakter dari oli ini.. Hehehe

Nah, oleh karena itu muncul ide untuk mencoba oli lain, bukan bosan dengan PFT ya, tapi lebih kepada pengen merasakan sensasi lain dan apakah ada yang lebih baik dari oli PFT.. tentunya dengan rentang harga yang setara, atau gak beda jauh istilahnya, dengan PFT.. Kebetulan ada teman yang menawarkan oli yang ternyata secara harga lebih murah sekitar 17ribu.. soalnya last stock, alias penghabisan.. Karena beliau tidak lagi menjual oli tersebut.. Kebetulan sekali…

Akhirnya hari itu tanggal 7 oktober 2017, si jet wahid resmi beralih ke oli Gulf Max SL 10W-40.. 😁 Setelah ganti oli di pagi hari, siangnya dipake touring (boncengan), bareng teman teman se kantor, ke taman safari cisarua bogor, menginap satu malam dan keesokan harinya pulang.. Performa mantaf, biasalah efek oli baru.. Namun setelah berkonsultasi dengan ahlinya pada akhirnya diketahui, hal tersebut adalah karena masih ada efek dari oli lama (PFT), yaitu masih terdapat film oli dari PFT..

Keesokan harinya, selama seminggu, mamang merasakan adanya gejala aneh pada motor… yaitu kok si jet wahid performanya tidak seperti biasanya!!! Tarikan berat alias lemot, mesin mudah meraung padal masih low speed, biasanya mudah sekali kalau menyalip kendaraan didepan, dan lain lain..Setelah konsultasi sama ahlinya juga 🤣 ternyata hal tersebut adalah wajar adanya.. Karena sedang dalam proses pembentukan film oli yang baru.. Ooohhh.. kirain dapat oli jelek 😂

Nah setelah seminggu berlalu, di minggu kedua sejak ganti oli dan seterusnya, performa si jet wahid kembali.. Hehehe. Namun ada sesuatu yang berbeda nih baraya… Jadi gini baraya, setelah menjelajah mengarungi kerasnya jalanan.. Haiyah.. 🤣 singkatnya setelah berkendara dengan oli baru ini sejauh 1.486 KM, tentunya mamang bisalah sedikit memberikan testimoni perbedaan performanya dengan oli lama (PFT)..

Cekidot baraya…
1. Tarikan Awal

Untuk tarikan awal performanya berada sedikit dibawah PFT.., karena sewaktu pake PFT, si Jet wahid dengan entengnya melesat, sekarang agak sedikit berkurang..

2. Putaran Atas

Nah, untuk teriakan tengahnya hampir mirip ketika masih pakai PFT.., namun untuk putaran atasnya menurut mamang lebih baik dari PFT.. 🤔 Sewaktu pakai PFT butuh waktu agak lama untuk mencapai speed 100km/jam, namun sekarang mudah sekali.

Untuk urusan topspeed, belum tergali karena butuh momen yang tepat, tempat yang pas dan lain lain.. Namun mamang yakin bisa mendekati raihan sewaktu pakai PFT, sekitar 120km/jam. Tapi sayangnya sekarang nyalinya cuma sampai 110km/jam saja 🙈

3. Konsumsi BBM

Karena riding style ga berubah, ya konsumsi BBMnya mirip mirip lah, berada di rentang 54-56km/l

Note:

  • untuk stop & go, nampaknya lebih prefer ke PFT
  • namun kalau ingin merasakan sensasi overbore, nampaknya oli ini ok juga. & I Like 😁

Bagaimana untuk speed yang nyaman, berada di sekitar 50-60 km/jam.. Ya mirip mirip rentang ekonomis (eco) lah ya.. Namun feel nya motor berasa enteng aja gitu.. Hehehe. Ok.. Sekian dulu review singkatnya baraya.. Semoga tersesat.. Eh bermanfaat

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ya baraya..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.kobayogas.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Oli, Sharing Berbagi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Review Oli Mobil Gulf Max SL 10W-40 Di Jupiter Z1

  1. randy berkata:

    Ini knp y kang saya pke PFT awalnya aj yg enak. Tp stlah 800KM kyk agak kasar gt y smpe skrg?? Mhon pncerahannya kang….

    Suka

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s