Sunmori ke Curug Ciherang Sukamakmur Bogor…

1515886810730682923975.jpg
Ahooiii baraya.. Selamat wayah kieu.. Gimana kabarnya.. Semoga sehat dan bahagia.. Liburan weekend ini mau pada melancong kemana nih, udah prepare dari sekarang belum.. Udah tahu tempat wisata mana yang akan dikunjungi.. Kali ini mang saka akan memberikan informasi spot wisata alternatif yang menarik yang mungkin bisa baraya kunjungi bersama teman, sahabat atau keluarga.. Cekidot heula ah…

Beberapa bulan yang lalu mamang beserta kawan kawan asal sukabumi yang tergabung dalam komunitas perantau asal sukabumi (KOMPAS) mengadakan sunmori aka momotoran isuk isuk dina poe minggu.. Hehe.. Start dari citeureup kita ambil arah jalan pasar citeureup menuju ke arah sukamakmur.. Jalannya cukup bagus dengan beberapa titik yang masih perlu perhatian serta polisi tidur yang membuat kita harus selalu waspada.. Arus lalu lintas cukup padat namun tetap lancar.. Kepadatan cuma terjadi dipertigaan keluar masuk pasar citeureup saja sampai pombensin terdekat, selanjutnya ramai lancar..  Setelah sampai pasar pertigaan hambalang – sukamakmur, kita ambil arah jalan yang lurus kearah sukamakmur.. Disini jalannya agak rusak dan sempit karena tepat berada ditengah tengah pasar tradisional setempat, jadi harus pelan pelan dan selalu waspada.. Selanjutnya selama perjalanan kita akan menemukan jalan yang berkelok kelok, menanjak dan menurun dengan beberapa spot yang cukup ekstrim, jadi kita harus fokus dan tetap dalam barisan.. Selain itu pemandangan alamnya pun cukup memanjakan mata… Ada sungai yang mengalirkan air jernih, sawah sawah yang terhampar luas dan bukit bukit dengan pepohonan yang rindang.. Sungguh panorama alam yang sangat indah… oh iya di beberapa spot jalannya agak sempit ya jadi harus lebih berhati hati lagi…
1515406190165-246715501.jpg
Nah selanjutnya kita akan bertemu pertigaan tepatnya di pasar sukamakmur, kita ambil arah kanan ke puncak II pinus.. klo yang lurus itu ke arah jonggol.. Kali ini jalanannya lebih ekstrim lagi dengan tanjakan, turunan dan kelokan, khas perbukitan dan pegunungan, yang membutuhkan skill yang mumpuni dan kondisi motor yang sehat.. Jalanannya agak sempit dan dibeberapa titik ada jalan yang rusak jadi harus ekstra waspada..  Di jalur pinus puncak II ini kalau hari libur nasional atau tanggal merah pasti ramai backpacker atau pelancong serta wisatawan dari berbagai daerah, bisa dilihat dari plat nomornya, ada yang dari karawang, jakarta, bekasi, dan daerah lainnya.. Ada yang bawa mobil dan kebanyakan yang naik motor.. Semuanya ingin memanfaatkan waktu liburannya guna mengunjungi spot wisata disekitaran sini, karena ada beberapa destinasi wisata yang bisa baraya kunjungi disini diantaranya.., gunung batu, danau rawa gede, curug cipamingkis serta curug ciherang yang mamang & sobat kunjungi kali ini… Pokoknya mantaafff pisan lah baraya.. Hehehe.. Selama perjalanan pun kita akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan menakjubkan… Tapi tetap kudu dan wajib ekstra waspada karena dibeberapa titik jalan, disampingnya ada jurang yang kalau baraya tidak fokus bisa terjerembab kedalamnya.. So, tetap konsentrasi selama perjalanan ya.. Oh iya, kalau baraya mau riding atau berkunjung kesini dihari libur, sebaiknya pagi pagi banget soalnya kalau siangan dikit suka ramai, padat merayap.. Selain itu kadang cuacanya ga menentu yang tadinya panas tiba tiba suka mendung.. gitu sih dari pengalaman mamang berkunjung ke daerah sini.. Hehe
15162505263961557617687.jpg
Setelah menempuh perjalanan yang cukup menyenangkan serta menegangkan, kurang lebih satu jam dengan speed yang bervariasi akhirnya kita sampai ditempat tujuan.. Bayar karcis dulu sebesar Rp30.000.. Cukup murah lah ya dibanding tempat wisata lainnya..
1515406097630271694152.jpg
Ada apa sih di curug ciherang?
Dari pintu gerbang kita meluncur ke atas melewati beberapa area.. Yang pertama area camping dan penginapan. Bagi baraya yang suka tidur di alam, bisa menikmati camping di area camping yang tersedia, tempatnya luas dan tentunya dengan background langsung pemandangan gunung sekitar yang indah.. Selain itu bagi baraya yang membawa keluarga dan ingin menginap, disini juga bisa, ada penginapan yang disediakan dengan tarif yang tentunya terjangkau.. Nah mamang and friend mah meluncur langsung ke curugnya yang airnya dingiiinnn.. Berrrrrrr… Untuk sampai kesana, dari area camping dan penginapan, kita masih harus lanjut lagi keatas menuju parkiran yang disediakan… Buat motor, tempat parkirnya ada dua area, area atas dan area parkir bawah.. Kalau mobil sepertinya disamping akses jalan..
Didepan parkiran berdiri warung warung kopi yang bisa buat santai duduk sambil ngopi atau makan.. Setelah memarkirkan kendaraan, lanjut kita jalan kaki dan harus melewati anak tangga yang lumayan banyak.. dari sini sudah terlihat pemandangannya indah sekali.. terus ke atas terlihat gundukan batu batu yang tertata rapi, banyak muda mudi yang duduk dan bercengkrama, ada juga yang berfoto ria maupun selpih selpih.. Hihi.. Memang bagus sih tempatnya sebagai spot photografi.. Dan pas kita nyampe disitu, beuhhhh ternyata emang kereennn banget, terlihat rumah rumah penduduk sekitar dan rasanya seperti berada di negeri diatas awan.. Oh iya, disampingnya ada “rumah pohon” yang memang sudah terkenal.. Kalau mau berfoto disitu kudu antri dan bayar ya baraya.. Hehe.. Ah mamang mah cukup foto di depannya az.. Hahaha..
15154066726801447123527.jpg
Setelah kita puas menikmati keindahan pemandangan alam sekitar dan foto foto, lanjut ke curugnya… Jalannya agak sempit jadi kudu hati hati ya baraya… Dan akhirnya sampai ditujuan.. Tempatnya luas jadi ga usah khawatir desak desakan.. Hehe.. WC / kamar ganti juga tersedia banyak.. Jadi kalau baraya mau basah basahan bisa ganti baju dulu.. Hari itu banyak juga yang datang ke curug ciherang.. Ada yang mandi, ada yang duduk duduk aja, ada yang foto foto.. yang jelas semuanya happy menikmati keindahan alam dari curug ciherang yang mempesona ini..  Cukup lama juga kita berada disini, sebenarnya ingin sampai sore sih tapi karena cuaca tidak memungkinkan, udah mendung dan khawatir turun hujan, padahal masih siang, akhirnya kita siap siap pulang.. Tapi sebelum pulang, tak lupa kita semua mengabadikan momen indah ini.. Hehehe… Mantafff.. Pengalaman yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan.. Semoga suatu hari nanti bisa balik lagi kesini.. Walaupun udah 2x kesini, tapi pengen lagi pengen lagi.. Hahaha..
Ok baraya.. Sekian dulu ya.. Semoga bisa menambah informasi baraya tentang tempat wisata alternatif yang indah dan murah tentunya serta enak dikunjungi oleh baraya baik bersama teman main, bersama rekan kerja maupun keluarga.. Terimakasih sudah berkunjung.
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sharing Berbagi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s