Sunmori Asik ke Kampung Salaka di Ciapus Bogor…

1514724967691682923975.jpg

Selamat pagi baraya… Kumaha damang? Awali pagi dengan senyuman, karena senyum itu adalah ibadah.. Asyiikkk besok libur euy.. Libur panjang, long weekend.. Hari libur merupakan yang sangat menyenangkan, karena kita bisa berkumpul dengan keluarga, sahabat, teman dan sanak sodara.. Akan lebih menyenangkan lagi kalau kita mengunjungi tempat tempat eksotis untuk menghabiskan waktu liburan bersama.. Banyak tempat tempat liburan yang menyenangkan yang tersebar di berbagai daerah di nusantara ini, tinggal sesuaikan saja dengan kocek yang tersedia.. Xixixi.. Salah satu tempat wisata yang keren dan layak untuk dikunjungi adalah Kampung Salaka.. Mau tahu keseruannya ketika mamang sunmori kesana? Cekidot…

Soal tempat wisata, nusantara ini menyajikan banyak sekali tempat wisata eksotis dengan berbagai keunikannya tersendiri dan tersebar diberbagai pelosok daerah maupun kota. Ada tempat wisata yang murah.. Yang mahal juga ada.. Super mahal juga ada… Beuhhhh.. Mantaafff.. Mau yang dekat ada.. Yang jauh juga tersedia.. Mau liburan ke taman bermain, pantai, pegunungan, tinggal dipilih… Pokona mah lengkap we lah… Hehe.. Dan bogor merupakan salah satu kota di indonesia yang menawarkan destinasi liburan wisata alam yang menyenangkan.. Ada kebun raya, junggle land, curug cipamingkis, curug ciherang, danau rawa gede, gunung batu, dan lain lainnya..
1514724461516-246715501.jpg
Nah kali ini mang saka akan share salah satu tentang wisata alam yang ada di bogor barat, yaitu kampung salaka… Namanya memang cukup asing di telinga, karena belum banyak di publikasikan (atau mamang yang baru tahu ya) dan memang tempatnya cukup terpencil, bangunannya pun terlihat masih baru dan belum rapi, masih dalam tahap penyempurnaan.. Lokasinya berada di daerah ciapus, bogor. Beberapa minggu yang lalu mang saka beserta dua teman yaitu mang wisnu dan om sean, mengadakan sunmori (sunday morning ride) dan rencananya tikum di rumah mang wisnu pukul 06.00.. Berangkat dari cileungsi sekitar pukul 06.30… Melipir ke SPBU terdekat terlebih dahulu, isi bensin full tank karena perjalanan kita cukup jauh dan tempat yang akan kita tuju adalah daerah pegunungan, otomatis jalanannya pasti akan banyak trek yang menanjak dan pasti menyedot konsumsi BBM cukup deras sesuai betotan gas yang dilakukan..  Meluncur ke arah citeureup, kondisi lalu lintas yang terjadi sepanjang jalan cileungsi – citeureup cukup lengang karena mungkin banyak karyawan dan pabrik yang pada libur, cuma beberapa aja yang buka.. Cuma dibeberapa titik memang masih suka terjadi kemacetan namun tidak parah.. So, perjalanan cukup lancar karena nyaris tidak pernah ketemu yang namanya antrian panjang kendaraan.. karena hari hari biasanya jalur ini cukup padat dan terjadi kemacetan dimana mana.. Selama perjalanan sering ketemu dengan beberapa rombongan motoris yang sepertinya akan berlibur juga ke arah bogor kota.. Nah lumayan dah ada temannya.. Hehe..
15147239315021557617687.jpg
Sesampainya di citeureup, kita ambil jalur ke arah sentul.. Bisa sih lewat arah cibinong.. Namun sepertinya lebih cepat lewat sentul.. Dan alhamdulillah jalur ini pun lancar… Begitu masuk ke jalan baru sentul yang mulus, lebar dan sepi, om sean rupanya tangannya gatal pengen sedikit gaspol, dan wuuusss dia berlari sendirian di depan.. Hahaha… mang saka sama mang uis mah santai aja di belakangnya.. Hihihi.. Namun ga lama kemudian om sean mengendurkan kecepatannya dan kembali ke barisan.. Hahaha.. Setelah melewati lampu merah cibinong – sentul, kita masuk ke jalan raya bogor dan mulai ramai kendaraan baik kecil maupun besar, namun tetap tidak seramai biasanya.. Speed ditingkatkan.. Sesampainya di pasar ciluar sampai kota bogor barulah kepadatan kendaraan bertambah dan kita kembali jalan santai… Ada kejadian menarik ketika di lampu merah ciluar, posisi gigi di netral alias “N”.. Pas lampu hijau nyala, pindah ke gigi 1, tiba tiba mesin mati dan mereka berdua udah jalan duluan.. Waduh ketinggalan deh.. Untungnya ga diklaksonin dari belakang.. Deg-degan juga sih.. Begitu nyala, langsung deh mang saka kejaaaar.. Hihihi..
15147152042711447123527.jpg
Setelah melewati tugu kujang, barulah perjalanan kita tersendat karena ramainya kendaraan yang lewat dan bercampur dari berbagai arah belum lagi di pinggir ada jalur sepeda.. Sepertinya lebar jalannya jadi agak sempit ya.. Ah cuma perasaan aja kali.. Xixixi.. Pokoknya kita harus lebih hati hati dan waspada, selain itu kadang suka ada saja motor yang selap selip keluar masuk didepan mobil tanpa perhitungan.. Setelah sampai diujung kita belok kanan ke arah Bogor Trade Mall (BTM), terus belok kiri ke arah empang.. Setelah sampai di lampu merah empang, kita belok kanan.. Kalau ke kiri ke arah cihideung.. Dan nanti pas ketemu pertigaan pertama, belok kiri ke arah ciapus.. Kalau ke kanan itu ke arah ciomas… Nah terus aja lurus ikutin papan petunjuk arah yang tersedia, ga bakalan kesasar kok.. Haha.. Kenapa harus ngikutin papan petunjuk, karena banyak pertigaan dan jalan tembusan ke berbagai arah.. Xixixi..
Oh iya, sebelum nyampe tujuan, kita istirahat sebentar di salah satu toko retail disitu.. ga perlu disebuti namanya.. Xixixi.. Buat sarapan dan minum sekalian istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.. Maklum belum sarapan.. Hahaha.. Skip skip..
1514724610056271694152.jpg
Sebenarnya tujuan kita itu mau melihat bangunan pura agung parahyangan jagatkarta.. Namun sesampainya di lokasi, ternyata ga bisa masuk… Kata penjaganya (apa tukang parkir ya) sih lagi ada perbaikan.. Yaaaa kecewa deh ga bisa mengabadikan bangun bersejarah tersebut… Katanya sih mirip bangunan pura yang ada di bali… Hemmm ya sudah lah, akhirnya mang wisnu mengajak kita ke kampung salaka… Gaasss… Wooowww treknya ajib baraya, ekstrim bangeetttt.. Adventure deh kita… Hahaha.. Dan begitu kita sampai diatas, kekecewaan itu akhirnya sirna dan berganti kebahagiaan yang ga bisa diungkapkan dengan kata kata.. Lebay deh lebay.. Xixixi.. Kita parkirin dulu motor kita, ambil karcis + bayar parkir 10rebay (mahal juga ya)… Masih diarea parkiran saja kita sudah disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.. Endah pisan euy… Rupanya kita sedang berada diatas kaki gunung salak.. Kemudian kita berjalan menuju pintu masuk kampung Salaka.. Wooowww.. Emejing..
Serius baraya.. Masya allah indahnya alam ciptaan-Mu ini… Baraya harus lihat sendiri kalau pengen tahu gimana perasaan mang saka saat itu.. Hehehe.. Udaranya segar khas pegunungan, pemandangan alamnya indah banget dan sedap dipandang mata.. Kita juga bisa melihat kota bogor dengan jelas, kalau malam hari bisa melihat kelap kelip lampu kota bogor.. Masih di depan pintu masuk, kita poto poto dulu.. Hehehe.. Kemudian kita  mulai masuk ke dalam, wooowww tampak berjejer tempat tempat istirahat yang disediakan bagi pengunjung yang datang.. Tempatnya bersih, rapi, luas.. Cocok nih kalau bawa anggota keluarga.. Mantaafff.. Kemudian kita berkeliling sambil foto foto dan menikmati indahnya pemandangan alam sekitar dengan hembusan semilir angin yang sejuk dan fresh… Ya allah, indah bangeett..
Setelah puas berkeliling dan memanjakan mata, saatnya istirahat di salah satu tempat yang mana saja tinggal pilih.. Hehe.. Kita ambil yang pojokan dan menghadap langsung ke bentangan alam pemandangan kota bogor… Kereeennnn.. Sambil ngobrol ngobrol dan nyeruput kopi, yang sebelumnya kita pesan, kita bisa menikmati keindahan alam dan semilir angin sejuk yang menerpa tubuh kita… Perfect.. Oh iya, kalau mau beli sesuatu ditempat rekreasi seperti ini, ada baiknya tanya harga dulu ya… Pasti tahu dong maksudnya.. Hehehe..
1518683118743
Setelah puas ngobrol ngobrol dan kopi pun sudah habis, kedua teman mamang malah selonjoran, rebahan dan kemudian tertidur, pulas lagi… Pengen sih ikut memejamkan mata, tapi khawatir kehilangan sesuatu, namanya juga di negeri orang, tetap kudu waspada.. Iya ga… akhirnya mang saka cuma bengong sambil menikmati foto foto di hape.. Mau online juga ga ada sinyal.. Hiks.. Ya sudahlah, enjoy az.. Hehehe.. Setelah puas tidur siang, mereka pun terbangun… Karena hari sudah siang, cuaca pun mulai mendung, akhirnya kita siap siap untuk pulang…
Sungguh pengalaman yang menyenangkan… Kapan kapan jadi pengen berkunjung kesini lagi nih.. Bawa keluarga dan bawa bekal nasi, jadi ga perlu beli, makan bareng disini sambil menikmati keindahan panorama alam kota bogor diatas puncak gunung salak.. Mantaafff..
Oh iya, ada juga minusnya dari tempat ini nih baraya, seperti:
  • jalannya dari pintu masuk sampai pertengahan mulus diaspal.. Namun dari pertengahan dan naik sampai lokasi, jalannya masih rusak dan masih dalam perbaikan jadi perlu ekstra hati hati..
  • ga ada sinyal euy.. Ya namanya juga diatas gunung.. Hihihi.. Mungkin suatu saat pengelolanya akan kerjasama dengan operator yang ada.. Jadi pengunjung bisa tetap online..
  • harga makanan dan minuman.. Kalau mau beli makanan dan minuman baiknya ditanyakan dulu harganya.. Kemaren mang saka beli secangkir kopi g**d d*y beureum, harganya dua kali lipat dari harga warung kopi langganan mamang di dekat kantor.. Hehehe.. Tapi ga apa apalah ngan meuli sakali iyeuh.. Dan wajarlah namanya juga ditempat wisata pasti harganya agak mahal… Tapi ya bagi sebagian orang bisa dianggap ga wajar.. Tergantung persepsi masing masing.. Iya ga.. 🙂 caranya gimana biar murah.. Ya bawa makanan dan minuman sendiri lah.. Hahaha..
  • Bayar parkir: kemaren permotor ditarik bayaran parkir sapuluh rebu.. Hiks.. Sekali lagi mang saka anggap wajar karena mungkin ya sekalian bayar tiket masuk.. Bisa di compare lah sama harga tiket masuk ke tempat wisata lainnya, mamang rasa ini paling murah.. Hehehe.. Fasilitas parkirnya apa adanya dan memang mungkin masih dalam tahap perbaikan dan penyempurnaan.. Bisa dilihat di foto terlampir..
1518683051583.jpg
Ok baraya.. Sekian dulu ya.. Terimakasih sudah berkunjung.. Semoga tertarik.. Eh semoga berguna..
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sunmori Asik ke Kampung Salaka di Ciapus Bogor…

  1. viwimoto.com berkata:

    Wah ada saya difoto itu

    Suka

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s