Testride Singkat Suzuki Satria FU Fuel Injection..

Ahooii baraya.. Selamat wayah kieu.. Kumaha daramang.. Semoga sehat dan ga kekurangan apapun.. Dalam kunjungan ke rumah mang kobay bulan lalu bersama sahabat mamang yaitu masjek dan bro apip.. Mamang berkesempatan melakukan testride sebuah motor ayago terkencang saat ini, siapa lagi kalau bukan Suzuki Satria FU yang sudah berteknologi fuel injection (FI)… Hayang na sih testride Hayabusa… Wkwkwkwk.. Gimana keseruannya.. Cekidot heula baraya..

1516545635284-246715501.jpg
Satria FU FI ini mempunyai spek mesin 150cc, 4tak, liquid cool, DOHC yang mempunyai power lebih besar 15% dari versi karbu yang punya power 15,7hp. Dan juga sekaligus terbesar dikelasnya.. Karena mampu mengeluarkan power sebesar 18,2HP @10.000 rpm dan torsi sebesar 13,8Nm @ 8.500rpm.. Sedangkan rivalnya, yaitu Honda Sonic cuma punya power 15,8HP dan torsi 13,5Nm.. Adapun Yamaha MX King punya raihan power 15,1HP dan torsi 13,8Nm… Dengan spek tersebut sangat pantaslah kalau Satria FU FI ini begitu digdaya, diadu dengan bebek super dari pabrikan yamaha maupun honda pun ga pernah kalah.. Gimana tidak power sang bebek super 150cc lainnya masih bermain dikisaran 15-16hp.. Hehe.. Dan mesinnya pun dijadikan basic pengembangan motor sport 150cc Suzuki, yaitu GSX-R150 dan GSX-S150.. Mantaafff..
Oh iya, sebelumnya mamang belum pernah mengendarai motor jenis ayam jago ya baraya.. Jadi ga tahu gimana rasanya, cuma dulu pernah bawa CS1 sekali, MX King pernah sekali, sonic belum pernah.. Kalau satria fu karbu sih pernah, pernah duduk-duduk doang di joknya.. Haha.. Sebenarnya dulu hampir saja meminang si ayago tersebut tapi karena dana ga cukup ya akhirnya ga jadi.. Hihi.. Sebelum testride dimulai, seperti biasa mamang coba pandangi dulu tiap lekuk tubuhnya.. Xixi.. Dammnnn.. Mesin DOHC-nya terpampang nyata.. 🙂 Kualitasnya jempolan.. Catnya kinclong…, plastik bodinya cukup tebal.. Velgnya kereeenn.. Disk Brake-nya ini membuat kepengen euy dan bikin ngiler buat diaplikasikan ke si jet wahid.. Wkwkwk.. Setangnya ada bolongnya, area speedometer digitalnya bagus dan rapi juga..
1517206530810682923975.jpg
Kemudian nyoba duduk duduk diatas joknya… Woooww.. Joknya baraya, mamang pikir karena ukurannya kecil pasti keras nih, eehhh pas didudukin ternyata empuk juga euy.. Good job.. Sepertinya ga bakal bikin pegel nih walau riding lama juga.. Ergonominya satria ini pas banget buat mamang euy.. terasa santai.. Kakipun menapak sempurna ke tanah.. Oh iya, mamang berpostur 165cm dan 60kg. Kemudian kontak di ON kan… Beuhhhh aya tulisan 150 na euy.. Menandakan kalau motor ini kecepatannya bisa sampai 150km/jam, eeeh ga tahu juga sih baraya.. Hihihi.. Yang jelas motor ini 150cc.. 🙂 coba di gasss tifis tifis.. Hemmmm.. Suaranya adem dan halus ya baraya, ga mengintimidasi dan ga ada suara gemerincing seperti satria FU karbu.. Padahal salah satu ciri khas satria FU itu kan dari suara knalpotnya, sayang juga sih dihilangkan, mungkin didesain biar lebih ramah lingkungan kali ya.. 🙂
Ok.. Saatnya testride.. Langsung ke kesimpulan aja ya baraya.. 🙂 oh iya, area test ridenya dari rumah mang kobay sampai ke ujung gang depan yang nyambung ke jalan raya, terus balik lagi ke rumah mang kobay.., rencananya sih mau ke jalan raya, tapi ga jadi karena jalanan terlihat ramai, khawatir terjadi apa-apa.. 🙂 kondisi jalannya mulus dan ada sedikit yg kurang bagus, banyak polisi tidurnya, ada beberapa kelokan ke kanan – kiri dan ada trek lurusnya juga.. Jadi komplitlah ya… Cekidot..
Koplingnya 
Tarik kopling, masuk gigi 1.. Ceklek.. Koplingnya empuk dan shifting gearnya pun halus.. Dibawa santai maupun kencang pun enak, pindah gigi secara pelan maupun cepat, enteng euy baraya.. Tapi ada satu yang mengganjal, ketika shifting gear secara halus dari 1 ke 2 kadang suka nyangkut ke N alias Netral, jadi agak kagok.. Mungkin belum terbiasa kali ya.. Haha..
Sokbreker depan dan belakang
Dibeberapa spot ada polisi tidurnya maklumlah di pemukiman penduduk.. Hehe.. Tapi bagus juga jadi bisa merasakan performa sokbreker depan dan belakangnya.. Melewati berbagai jenis polisi tidur (ada yang kecil, ada yang besar) dan juga jalan keriting. Performanya dapat diandalkan.. Anteng bener dan nyaman buat (maaf) b*k*ng.. Ajiblah, empuk pisan..
Performa mesinnya
Disinilah kekuatan satria FU FI sebenarnya, tapi adakah perbaikan dari versi sebelumnya? Yups, berbeda dari versi karbunya yang terasa lemot di kitiran bawahnya, versi terbaru ini bahkan dari tarikan awal sudah josss.. Torsi yang mirip sama MX King, yang merupakan motor overstroke, menjadikan sang satria fuel injection ini mempunyai torsi yang nendang sejak putaran bawah.. Nah, ketika kondisi jalanan sepi, mamang coba bejek gasnya dan ternyata benar sekali sang satria mampu melesat dengan cepat, tendangan powernya terasa padat sekali.. Edyaann.. Sayangnya cuma mampu mengeksplor sampai di gigi 3, dan ga tahu nyampe speed berapa karena pandangan fokus ke depan.. Hehe.. Pas sekali nih buat di jalanan jakarta atau jalanan yang banyak lampu merahnya (stop&go).. Berguna juga ketika kita harus menyalip dengan cepat truk truk besar atau kendaraan yang lainnya, jadi ga was was gitu, sekali betot langsung terlewati.. Hehe.. Tapi kok bisa ya, aneh aja gitu.. Padahal kan sejatinya satria FU FI ini DOHC overbore, yang biasanya lemot diputaran bawah.. Hemmmm.. Good job Suzuki..
Pengereman
Dengan piringan cakram yang bergelombang alias tipe wave diskbrake dan kaliper remnya 2piston.. Sensasi pengeremannya sangat pakem.. Mamang mencoba berbagai tipe pengereman seperti hardbraking, panic braking, late braking, kemampuannya 2 jempol keatas lah.. Dan ini sangat berguna ketika kita menghadapi kondisi dan situasi jalanan yang tak terduga yang membutuhkan pengereman yang mumpuni..
Kestabilan
Walaupun satria fi ini bisa dikatakan ringan dan powerfull, tapi stabil euy.. Baik di kecepatan rendah maupun tinggi.. Nah ketika mencoba beberapa kali keluar – masuk tikungan dengan agak cepat, ga terasa limbung euy.. Anteng pisan..
15165455629431557617687.jpg
Lalu kekurangannya apa mang? Sulit rasanya mencari celah kekurangannya, tapi mamang rasa  soal suara knalpotnya aja nih yang terasa kurang gahar.. Senyap bener, kurang gimanaaa gitu.. Hehe.. Kemudian yang kasat mata, soal bentuk stoplampnya nih yang terasa kurang menyatu dengan bodi keseluruhan, selera sih… Apalagi ya… Headlamp? Ah menurut mamang sih udah cukup bagus kok.. 🙂
Ok deh baraya, sekian dulu ya.. Tengkiw udah mampir.. Semoga kepengen, eh semoga berguna
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Suzuki dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Testride Singkat Suzuki Satria FU Fuel Injection..

  1. abduk berkata:

    design nya mang, kurang gigit!!! wakakaka

    Disukai oleh 1 orang

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s