Jupiter MX Memang King.. Rajanya Bebek Super

Jupiter MX Memang King, Rajanya Bebek Super. Ahooii baraya.. Wilujeng wayah kieu.. kumaha kabarna.. Semoga sehat wal’afiat dan ga kekurangan sesuatu apapun.. Aamiin.. Jangan lupa sarapan dulu sebelum berangkat ke tempat kerjanya, biar perutnya ga bunyi.. Kan malu kalau di depan orang perutnya bunyi krucuk krucuk.. Hihihi.. Pasar motor dalam negeri yang tercinta ini ga bisa lepas dari yang namanya motor bebek.. motor jenis ini biasa di sebut juga jenis cub, yang sudah menjadi bagian dari sejarah permotoran indonesia karena eksistensinya sudah ada dari jaman dahulu kala dan sampai kini masih mengisi line up tiap pabrikan.. Bahkan sebelum hadirnya motor jenis metik, motor bebek ini menjadi idola masyarakat.. Penjualannya pun cukup bagus dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun.. Namun sejak negara api menyerang.. Haiyaaahh..

fb_img_15099558694731557617687.jpg

Sejak kemunculan motor metik, seolah pamor motor bebek meredup.. Karena kemudahan dalam pengoperasian dan keleluasaan dalam akomodasinya motor metik menjelma menjadi idola baru masyarakat indonesia. Meskipun begitu motor bebek tidak mau mengalah begitu saja… Si bebek berbenah dan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh si metik..

 

Motor bebek, begitu juga motor jenis lainnya, terbagi menjadi entry level middle dan super cub atau bebek super.. Tidak seperti bebek kelas bawah dan menengah yang seoleh hidup segan matipun ga mau karena penjualannya yang cenderung terus menurun dan stagnan… Bebek super menjelma menjadi pilihan masyarakat khususnya kawula muda yang menginginkan motor yang handal, gaya dan gagah dengan performa setara motor sport, bahkan lebih, yang penjualannya stabil dan selalu mengalami kenaikan.. Yamaha sudah sejak dari dulu sekitar tahun 2006 menghadirkan bebek super yang terkenal dengan iklannya yang dibintangi oleh komeng yang berhasil merobohkan sebuah jembatan.. Hahaha.. Sebagai perumpamaan bahwa performanya tidak main main.. Motor tersebut adalah Jupiter MX 135..

jupiter-mx-king-vs-jupiter-135-4-246715501.jpg

Sekilas Tentang Jupiter MX 135

Jupiter MX gen 1: Jupiter MX 135 gen pertama ini memiliki kubikasi sebesar 135cc dengan power sebesar 11,3 HP.. Raihan power tersebut merupakan yang terbesar dikelasnya dan dari semua motor bebek yang beredar pada saat itu.. Dibekali pendinginan cairan alias Liquid Cooled, menjadikannya motor bebek yang paling canggih saat itu.. Tak lupa dihiasi velg racing yang keren dan kopling manual yang membuatnya menjadi terlihat racy abiisss… Namun masih dibekali 4 speed dan profil ban seperti bebek pada umumnya, yang membedakan cuma spakbor depan yang terlihat racy.. Jupiter MX hadir dalam dua pilihan, yakni autoclutch atau tanpa kopling manual dan manual clutch alias pakai kopling manual.. Sehingga menjadikannya sering dinobatkan menjadi motor terbaik.. Tak heran jupiter mx 135 seketika menjadi buah bibir dan membuat siapapun kepincut dan ingin memilikinya… Hal tersebut berdampak pada penjualannya yang moncer karena ga ada lawan yang sepadan dikelasnya… Supra 125 mah bukan lawannya.. Xixixi… Namun rupanya honda tertarik masuk ke kelas bebek super ini, maka ditahun 2008 dihadirkanlah rivalnya yang bernama honda CS1 yang walaupun cuma 125CC namun memiliki performa melebihi jupiter MX, yakni sebesar 12,6 ps, namun karena desainnya yang kurang pas dan terlihat “aneh” dimata publik, berimbas pada penjualannya yang kurang menggembirakan.. Sehingga jupiter mx 135 tetap kokoh dipuncak..

Jupiter MX gen kedua: Setelah sekitar 5 tahun cuma gonta ganti striping dan tanpa ada sentuhan berarti, pada tahun 2011 jupiter mx dipermak habis menjadi sebuah All New Jupiter MX 135.. Bodinya terlihat lebih gambot, lampu sen lebih sipit mirip mata elang.. Lampu utama sedikit lebih besar sehingga pencahayaannya lebih terang.. Stoplamp lebih futuristik.. Tak lupa kaki kaki dibuat lebih kekar dari sebelumnya dengan menggunakan profil ban yang lebih besar, untuk bagian depan masih sama yakni 70/90-17, namun ban belakangnya membengkak menjadi 100/70-17.  Tak lupa bagian mesinnyapun dirombak dan ditingkatkan performanya, sehingga powernya pun melejit menjadi sekitar 12,5 hp @8.500 rpm serta torsi 12,14 Nm @ 6.000 rpm dan sudah 5speed.. Ajiibbbb.. Sedangkan beratnya sendiri naik menjadi 109kg, lebih berat sedikit dibandingkan motor bebek pada umumnya yang berkisar 100-105kg.. Karena power makin membengkak, rem cakram belakang pun disematkan. Jadilah sebuah bebek super dengan tampilan sporty yang gagah, canggih dan beraura speed yang kental… Bisa ditebak, penerimaan pasarpun kian meningkat drastis karena seperti berjalan sendirian, sang rival penjualannya makin nyungsep dan terancam disuntik mati.. Sampai kemudian beberapa tahun berikutnya New Jupiter MX 135 ini pun benar benar berjalan sendirian dan menguasai pasar bebek super.. Gen kedua ini pun dihadirkan dalam dua tipe seperti sebelumnya yakni yang dibekali kopling manual dan non manual..

fb_img_15099536586641447123527.jpg

Jupiter MX gen ketiga: Sadar akan penerimaan pasar yang sangat baik, rupanya yamaha ingin mempertahankan prestasinya dan mencoba untuk memanjakan pencinta bebek supernya, sehingga pada tahun 2015 sang jupiter mx kembali di update menjadi lebih superior lagi.. Tak seperti gen sebelumnya, pada gen teranyar ini yamaha menghadirkan sang jupiter mx dengan ubahan total yang cukup serius menjadi lebih sporty lagi… Kubikasi dinaikan menjadi 150cc dengan mengusung mesin 150cc yang common part dengan new vixion menjadikannya memiliki power yang cukup beringas sekitar 15,5 HP @ 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm @ 7.000 rpm.. Woowww.. melonjak sekitar 3hp dari gen sebelumnya.. Sadiiisss… Pengabut bahan bakarpun dirubah dari karburator menjadi fuel injection, sehingga meskipun memiliki power besar namun tetap irit. Walau lampu utama masih bohlam, namun lampu sen & stoplamp sudah LED.. Spakbor belakang menggantung.. Ukuran ban belakang pun kembali diperbesar menjadi 120/70-17 sedangkan ban depannya tetap sama seperti sebelumnya yakni 70/90-17.. menjadikannya motor bebek yang paling gambot, besar, gagah.. Sehingga layak disebut bebek berperforma sport.. Gileee.. Sayangnya masih mengadopsi 5 speed.. Berat sang motor pun bertambah menjadi 116kg.. MX gen terbaru ini pun kembali dihadirkan dalam dua tipe, namun keduanya sudah pakai kopling manual, yakni JUPITER MX 150 dan MX King.. keduanya memiliki performa yang sama, cuma dibedakan oleh pernak pernik yang menempel ditubuhnya… Namun dalam perjalanannya, terakhir cuma satu varian yang dipertahankan yakni MX King..

wpid-img-20150312-wa0058-1682923975.jpg

Sadar akan performa jualan bebek supernya yamaha ini moncer, honda kembali mengusiknya dengan menghadirkan sang rival yang sepadan yakni Supra GTR 150 dengan mesin DOHC turunan CB/CBR150R, dan benar saja performanya cukup menjanjikan.. Namun lambat laun jualan sang bebek DOHC ini kembali meredup dan sang Jupiter MX kembali menjauh dari kejaran sang rival… Mantaaaffff..

 

Mengapa sang Jupiter MX ini susah dikalahkan oleh rival rivalnya… Hemmmm.. Menurut mang saka sih ada beberapa hal yang membuat Jupiter MX kokoh disinggasananya..

  • First mover: dia yang menciptakan pasar dan terus berusaha menjaganya dengan memberikan 2 pilihan yang berbeda, jadi ada 2 kebutuhan yang berbeda terangkul dalam satu performa..
  • pasarnya sudah terbentuk: bebek super itu jupiter mx atau cukup dengan sebutan “MX”.. motor bebek kencang, pasti jawabannya MX.. Jadi kalau mau beli motor bebek yang kencang pasti pilihannya jupiter mx.. Dan hal itu terus terjaga hingga bertahun tahun lamanya.. kalau di honda seperti ungkapan, motor irit ya supra.. begitu kira kira.. hihihi..
  • desainnya keren dan sporty: di tiap gennya, jupiter mx selalu dibuat dengan desain keren, racy, high tech, gagah, mudah dimodifikasi dan kekinian sesuai dengan jamannya.. Makanya tak heran selalu menjadi pilihan kawula muda, bahkan orang tua yang berjiwa muda, yang ingin memiliki motor bebek bergaya sporty dan keren..
  • Harga kompetitif: dengan segala kelebihan yang dimilikinya, tak lantas si MX ini dibanderol dengan harga selangit, justru lebih terjangkau atau lebih murah dari kompetitor dan value for money-nya dapat…
  • mudah di modif: tampilan standarnya aja udah cakep, apalagi kalau dimodifikasi pasti tambah cakep.. Dan assesoris alias racun modifnya pun tersedia banyak dipasaran… Gampang di modif dan part modifnya tersedia lengkap, klop dah.. Hehehe..

fb_img_1513948433714271694152.jpg

Kira-kira apalagi ya baraya.. Silahkan ditambahkan di kolom komentar ya.. 🙂

Ok baraya.. Sekian dulu ya.. Semoga bermanfaat

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Jupiter MX Memang King.. Rajanya Bebek Super

  1. Rexy berkata:

    Setuju..
    Cek di instagram aja bro klo mau liat modif keren2 gilak, bikin ngilerrrrr
    Cek hashtag y15r exciter mxking

    Suka

  2. jono berkata:

    Desain mx yang paling bagus menurut ane adalah njmx135 (2011, alias mx gen 2) (karena punya, dan masih ada saklar on off lampu). Dan njmx135 ini adalah motor 4 tak ‘pertama’ buatan yamaha indonesia yang pake cakram belakang. Saat itu vixion 150 aja masih tromol rem belakangnya. supra 125 dan shogun 125 aja sudah pake cakram belakang dari tahun kapan. Yang tidak ane suka sama mx150/king adalah ‘tidak adanya kopling semi-auto seperti mx135, lampu sein belakang yang terpisah. Ane banyak liat tutup lampu sein pecah/patah pada mx150

    Suka

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s