Analisa Ngawur Kenapa Yamaha Vixion Berhasil Dijungkalkan Rivalnya..

Analisa Ngawur Kenapa Yamaha Vixion Berhasil Dijungkalkan Rivalnya.. Ahooii baraya.. Selamat pagi.. Sudahkah baraya sarapan pagi. Kudu dibiasakan sarapan pagi biar ga kena sakit maag.. Aduuhhh perih rasanya kalau sakit maag kambuh.. Hehe.. Baraya pasti sudah pada tahu kabar tentang rapor jualannya jagoan motor sport 150cc dari kubu honda maupun yamaha.. Kalau belum mangga dibuka blog blog papan atas, pasti banyak yang membahas.. Hehe.. Nah disini mang saka akan mencoba menganalisa, maaf kalau analisanya ngawur.. Wkwkwk.. Apa sih penyebabnya hingga akhirnya sang raja sport 150cc, Yamaha New Vixion, berhasil dijungkalkan sang rival.. Siapa lagi kalau bukan Honda CB150R.. Mangga di cekidot heula baraya..

1515758854792
Apa sih sebenarnya yang terjadi, kok bisa sih.. Padahal sejak 2007 sampai 2017, 10 tahun loh baraya, Vixion ini kokoh di puncak singgasana raja sport 150cc… Ga mudah loh melakukannya, vixion ini sudah terkenal motor yang keren, high tech, irit, kencang, komunitasnya banyak, minim perawatan, durabilitas mesinnya ga perlu diragukan… Lalu apa penyebabnya??? Menurut analisa ngawur mang saka sih begini:
Desainnya New Vixion kurang mengena di selera mata netizen dan masyarakat pada umumnya. Sejak beredar spyshoot New Vixion, warga netizen shock, kaget, ga percaya, wtf, kok gituuuu.. Kelihatan aneh, seolah kemunduran desain.. Banyak yg bully, banyak yang mencaci, tapi banyak juga yang membela sih.. Bahkan sempat disebut motor modifan tukang SPBU.. Entahlah siapa yang bilang begitu.. Mamang mah nyimak aja.. Medsos sekarang udah berkembang pesat, so pembicaraan hangat di medsos akan cepat sekali menyebar.. Bagus sih kalau beritanya yang baik baik, lah kalau yang jelek jelek? Modyaaarr… So, mungkin butuh waktu buat masyarakat untuk menerima, ini loh New Vixion generasi terbaru itu.. Hal ini berbanding terbalik dengan Honda CB150R yang di gen pertama desainnya kurang ok, namun di gen terbaru ini lebih keren..
2017-12-29_11-32-08-302682923975.jpg
Efek DOHC – SOHC. Mesin vixion sejak di perkenalkan 10 tahun yang lalu memang mengusung mesin SOHC, namun jangan menganggap remeh mesin minarelli ini.. Mesinnya udah terkenal powerfull baik di dalam maupun diluar negeri sana.. Bahkan jenis motor trail diluar negeri sana banyak yang pakai mesin minarelli ini.. Dan benar saja waktu itu Vixion merupakan motor yang paling kencang dengan mesin yang powerfull dibanding motor motor 150cc yang beredar saat itu.. So, ga perlu diragukan lagi kehandalan dan durabilitasnya.. Namun ketika honda menghadirkan motor 150cc dengan mesin DOHC  pada diri CB150R beberapa tahun silam, dengan gembar gembor mesinnya yg lebih powerfull dan superior.. Seolah mesin SOHC itu lebih imperior dari SOHC.. Publik mulai terpecah dan menginginkan yamaha membuat mesin serupa.. Namun yamaha tetap pede dan keukeuh dengan pendiriannya, hingga akhirnya berhasil meredamnya dengan menghadirkan New Vixion Lighting dan New Vixion Advance yang tetap mengusung mesin SOHC namun powernya meningkat tajam dan membuktikan bahwa mesin SOHC sang Vixion mampu bejaban dengan mesin DOHC-nya CB150R.. Namun lambat laun, usaha honda yang tanpa lelah mengedukasi publik bahwa mesin DOHC lebih powerfull dari mesin SOHC, akhirnya berhasil juga.
Gabungan alisa ke-1 dan ke-2. Pada honda CB150R gen 1, sepertinya faktor desain yang kurang bagus sehingga jualannya kurang moncer.. Sebenarnya lebih bagus sih jika dibandingkan dengan vixion gen sebelumnya yang jadi rujukan desainnya, tapi yamaha cukup pintar dengan menghadirkan new vixion lighting dengan desain yang lebih keren.., bodi lebih besar, ban gambot, speedometer atraktif, tutup tangki rata, power mumpuni, dan lain lain.. Belajar dari kesalahan tersebut, akhirnya honda menghadirkan lawan tanding yang sepadan.., dan apa yang ada di vixion, di New CB150R juga ada.. Ban sama sama gambot, tangki sama rata, bodi sama besar…  Sehingga gabungan antara desain yang keren dan power DOHC yang mumpuni, sang New CB150R mampu mengalahkan kedigdayaan sang pemimpin pasar.. Honda New CB150R ini juga hadir disaat yang tepat, karena masyarakat sudah teredukasi bahwa mesin DOHC itu lebih powerfull dibandingkan motor SOHC… Tapi menurut mamang sih paling perbedaannya saeutik.. Xixixi..
Berita miring tentang vixion. Sering terdengar kabar bahwa vixion itu boros oli dan mesinnya ngebul… Dan hal ini banyak dikeluhkan oleh user vixion itu sendiri dan sering dibahas diberbagai group sosmed.. Hal bisa jadi faktor yang menyebabkan orang enggan atau mengurungkan niatnya untuk membeli vixion.. Dan sering dibahas pula masalah mesin ngebul ini bisa diatasi dengan mengganti ring pistonnya saja dengan ring piston punya vixion gen sebelumnya.. Apakah yamaha melakukan downgrade? Entahlah.. Namun honda CB150R pun tak luput dari masalah.. seperti keluhan pada mesinnya yang sering kita mendengar istilah klotok klotok .., masalah rangka patah, dan lain lain.. Hemmmm entahlah… Namanya juga buatan manusia, ga ada yang sempurna… Namun kenapa CB150R lebih bisa diterima dan tetap laris ya..
2017-12-29_19-52-26-452-246715501.jpg
Ekspektasi berlebih tentang New Vixion. Dulu vixion hadir menjadi motor 150cc yang hightech, powerfull, kencang sekaligus irit.. Karena mengusung mesin 150cc liquid cooled dan injeksi.. Menjadi motor paling keren di kelasnya.. Dan benar saja motor motor saat itu terlihat jadul, seperti mega pro, thunder 125, bahkan honda tiger 2000 dan sodaranya sendiri yaitu yamaha scorpio 225.. Lambat laun vixion menjadi idola baru para biker motor sport.. Kemudian bertahun tahun pula menjadi penguasa dikelasnya.. Tak lama kemudian pada gen berikutnya, dilakukan mayor facelift dengan tampang yang lebih keren, bodi lebih besar, kaki kaki lebih gambot… Beuhhh istilahnya moge look.. Mesinnya pun lebih powerfull dan tentunya makin irit.. Hal ini menjadikan vixion tak terkalahkan, meskipun honda menghadirkan lawan tangguh tapi belum bisa berkutik.. Kemudian honda menghadirkan lawan sepadan dan dengan getol mengkampanyekan slogan mesin “DOHC” yang powerfull sehingga publik pun terbius dan berharap di next gen vixion bisa lebih keren lagi dan tentunya mengaplikasikan mesin DOHC pula.. Namun apa yang terjadi, jauh panggang dari api… yang diharapkan publik tidak terkabul.. secara spesikasi mesin masih sama seperti sebelumnya cuma ditambahi fitur slipper clutch, lampu lampu LED, lampu hazzard.. Tapi bukan itu yang diinginkan.. Secara desainpun kurang ok, terlihat kurus atau ramping memanjang.. Boleh saja dihadirkan dalam 2 varian, yakni Vixion R yang menggendong mesin New R15 yang powerfull karena dilengkapi oleh VVA, tapi ingat mesinnya masih SOHC dan secara jualan pun R15 masih kalah dibandingkan CBR150. Sepertinya publik sudah bosan atau menginginkan sesuatu yang baru yakni New Vixion yang ganteng dengan mesin DOHC yang powerfull..
1515504614431
So, itulah kira kira analisa ngawur mang saka, hasil dari terawangan, intip intip, nyimak nyimak dan lain lain.. Hehehe.. Kalau bener ya sukur.. Kalau salah ya mohon dimaafkan.. Namanya juga analisa ngawur… Pasti banyak salahnya.. Iya ga.. Hehe..
Ok baraya.. Sekian dulu ya.. Mang saka laper euy, mau makan dulu.. Hehehe..
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Yang Ringan Aja dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Analisa Ngawur Kenapa Yamaha Vixion Berhasil Dijungkalkan Rivalnya..

  1. ndesoedisi berkata:

    ngawur…. 😀

    Suka

  2. fbyimyam berkata:

    wkwk sebenernya gausah panjang lebar, cukup DESAIN aja yang bikin perbedaan kalo ber-opini sohc ama dohc kurang tepat buktinya nvl sohc vs old cb150r dohc masih jauh menang nvl dalam segi penjualan jadi sektor mesin ngga terlalu pengaruh signifikan nah saat keluar all new cb150r barulah keliatan jelas karena apa vixion kalah? DESAIN
    Apalagi vixion terbaru ini, desainnya nggak banget lah
    Yang ngatain motor modifan spbu ya petingginya yamaha sendiri saat menyangkal spyshoot new vixion waktu posisi di spbu malah dikatain gitu, awal yang buruk perkataan adalah doa itu benar adanya wkwkwk

    Suka

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s