Bogor Punya Belasan Air Terjun Loh.. Kamu Suka Yang Mana??

Ahoii baraya.. Kumaha kabarna.. Daramang? Semoga semuanya pada sehat ya.. Jangan lupa berdo’a dulu sebelum memulai aktivitas, biar dilancarkan.. Baraya tahu dong kota bogor.. Kota yang punya julukan kota hujan dan kota sejuta angkot ini, ternyata juga memiliki kekayaan alam berlimpah yang patut kita banggakan dan lestarikan.. Memiliki keindahan alam, tak jarang setiap week end, bogor selalu jadi tujuan utama para backpacker, biker atau yang lainnya yang ingin berlibur dan melepaskan penat akibat aktivitas hariannya.. Puncak, Gunung Pangrango, dan lainnya, mungkin sudah sering baraya kunjungi ya.. Nah, kali ini mang saka akan memberikan info menarik tentang tempat wisata di bogor  yang mungkin bisa jadi salah satu rujukan tempat berlibur bagi baraya bersama teman maupun keluarga.. Info ini datang dari kawan FB.. Ayo urang cekidot heula baraya…

Mungkin baraya sudah sering mengisi liburannya ke mall, ke puncak, ke gunung dan merasa boring atau ingin mencari sensasi lain, ga ada salahnya nih mengunjungi salah satu atau beberapa tempat wisata air terjun yang ada di bogor berikut ini… Akun bernama Anton Wiliam dalam group FB Masyarakat Cinta Bogor, mengupload beberapa foto tentang Air Terjun yang ada di bogor, lengkap dengan keterangannya.. Beuhhhh.. Keren euy kang Anton..

Screenshot_2018-03-20-11-27-56.png

Berikut beberapa foto air terjunnya beserta keterangan yang diberikan oleh kang Anton William..

Wisata Alam Bogor

15 Curug (air terjun) Di Bogor dan sekitarnya

Bogor selain dikenal sebagai kota hujan, ternyata banyak terdapat tempat wisata air terjun (bahasa Sunda = curug). Cocok untuk Anda yang memiliki jiwa berpetualang, air terjun juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda. Tidak usah bingung atau takut dengan jarak yang jauh sebab Bogor memiliki 15 air terjun (curug) yang sangat cantik. Berikut ke 15 Curug, penulisan diurutkan berdasarkan jarak terdekat dari Jakarta.

FB_IMG_1521516514998.jpg

1. Curug Bojong Koneng
Lokasi : Desa Bojong Koneng – Sentul (waktu tempuh 1 jam)

Curug Bojong Koneng adalah Curug yg paling dekat dari Jakarta, terletak di desa Bojong Koneng, sebuah desa dibelakang perumahan mewah Sentul City.

Untuk mencapai Curug Bojong Koneng dengan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city lalu masuk ke kawasan perumahan mewah tersebut menuju perkampungan warga yang terletak di belakang kompleks.

Jika bingung, bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan Curug Bojong Koneng. Bila menggunakan kedaraan umum, kita bisa mencapainya dengan bus jurusan sentul city dari terminal blok-m lalu disambung dengan ojek.

Trek sejauh 1 km harus kita lalui untuk mencapai Curug Bojong Koneng yang indah ini, jangan khawatir karena treknya tidak sulit dan dapat dilalui oleh orang tua dan anak-anak dengan pamandangan sawah yang indah. Untuk menikmati Curug Bojong Koneng yang indah dengan kolam berair bening dibawahnya

FB_IMG_1521516521450

2. Curug Bidadari
Lokasi : Sentul (waktu tempuh 1 jam 30 menit)

Kalau rata-rata air terjun di Bogor dikelola seadanya, tunggu setelah Anda coba mengunjungi Curug Bidadari. Air terjun yang berada di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat ini sudah dikelola dengan cukup baik.

Alamnya yang asri dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup. Lapangan parkir, kamar mandi, dan kolam yang tepat berada di bawah air terjun sudah ada di sini. Fasilitas lain seperti payung besar untuk bersantai bak di pantai pun ada di sini. Kalau sudah begini, tak perlu ragu mengajak keluarga untuk berlibur di tempat wisata air terjun.

Selain air yang mengalir deras dari atas tebing, pesona yang paling menarik wisatawan adalah kolam renangnya. Walaupun tidak terlalu dalam, kolam ini asyik untuk Anda dan keluarga bermain air bersama. Selain itu, areanya pun cukup luas, jadi tak perlu berdesakkan saat banyak traveler lain datang berkunjung ke Curug Bidadari.

FB_IMG_1521516528129.jpg

3. Curug Cigamea
Lokasi : Kecamatan Pamajihan (waktu tempuh 2 jam)

Terletak dikawasan Gunung Salak Endah, Curug Cigamea letaknya tak jauh dar jalan menuju ke Pasir Reungit, Kawah Ratu dan menuju Curug Seribu.

Deburan air sudah begitu terasa begitu memasuki kawasan Curug Cigamea. Air terjun yang berada di Desa Gunungsari, Pamijahan, Bogor ini memang dikenal dengan debit airnya yang lumayan deras. Asyiknya lagi, Curug Cigamea punya 2 air terjun dengan pemandangan yang berbeda.

Curug yang pertama mengalir dari tebing yang sangat curam. Didominasi dengan batuan berwarna hitam, airnya tumpah tidak begitu deras. Berbeda dengan air terjun di sebelahnya yang lebih bersahabat. Tidak begitu tinggi dan punya air yang deras.

Bagi yang punya nyali besar, Anda bisa mendaki tebing untuk sampai di puncak air terjun. Dari atas, cari posisi pendaratan yang pas, kemudian melompatlah. Byur! Itulah cara yang seru saat liburan di Curug Cigamea.

FB_IMG_1521516534069.jpg

4. Curug Ngumpet
Lokasi : Kecamatan Pamajihan (waktu tempuh 2 jam)

Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri. Untuk menuju ke obyek wisata ini, dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 38 km dari Bogor.

Ngumpet yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti bersembunyi ternyata dijadikan sebagai sebuah nama untuk air terjun. Dinamai seperti itu, mungkin karena Curug ini seakan malu-malu menampakkan keindahannya. Maklum, Curug Ngumpet berada di antara tebing-tebing yang tinggi.
Letaknya berada di kawasan Gunung Salak, tepatnya di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Bogor, tapi akses menuju Curug Ngumpet terbilang mudah.

Untuk bisa masuk ke kawasan Curug Ngumpet, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000. Setelah itu, Anda harus berjalan sejauh sekitar 100 meter untuk bisa tiba di air terjun. Dari loket, deburan air terjun sudah terdengar jelas. Kesegarannya yang bersembunyi juga sudah mulai terasa. Sebentar lagi, Anda pasti bisa menemukan Curug Ngumpet ini.

Suara gemuruh air sudah terdengar makin jelas, itu tandanya Anda sudah berada dekat dengan Curug Ngumpet. Air di sini bisa dibilang cukup deras sepanjang tahun. Mungkin karena Curug Ngumpet dialiri oleh air dari mata air.

Sayang sekali kalo kesegaran ini hanya dinikmati dengan duduk dan berfoto-foto saja. Lekas buka pakaian dan simpan barang Anda untuk bisa menceburkan diri di kolam yang dingin ini. Airnya jernih dan segar. Anda pasti betah berlama-lama di Curug Ngumpet jika bisa menahan dingin.

FB_IMG_1521516539697.jpg

5. Curug Pangeran
Lokasi : Kecamatan Pamajihan (waktu tempuh 2 jam)

Jika sudah ke Curug Ngumpet, rugi kalau tidak mampir ke Curug Pangeran. Kedua kawasan air terjun ini memang berdekatan. Apa lagi, air terjun ini lebih sepi daripada Curug Ngumpet. Liburan ke sini, berasa punya air terjun sendiri bak pangeran di kerajaan.

Walaupun begitu, fasilitas seperti tempat parkir kendaraan dan toilet sudah tersedia di sini. Sayangnya, untuk masuk ke area Curug Pangeran, jalannya cukup jauh, sekitar 500 meter. Jalan setapak berbatu harus Anda lewati.

Perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan, sebab di sepanjang jalan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Hawa sejuk pegunungan juga akan menemani perjalanan anda. Bebatuan demi bebatuan telah teratasi, anda pun akan sampai di Curug Pangeran.

Suara air terjun yang menenangkan sudah pasti bisa langsung anda dengar. Begitu juga dengan pemandangan indah yang tersaji di sini, benar-benar menyegarkan mata. Dari kejauhan, air di Curug Pangeran terlihat seperti air di kolam renang. Warnanya bening, tanpa ada sampah dan kotoran lain yang bisa mengganggu pemandangan. Tunggu apa lagi? Langsung ceburkan badan Anda!

FB_IMG_1521516545665.jpg

6. Curug Cihurang
Lokasi : Kecamatan Pamajihan (waktu tempuh 2 jam)

Curug Cihurang masih terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan berjarak sekitar kurang lebih 1 Km dari pintu gerbang Taman Nasional. Di sini terdapat taman bermain dan aman untuk anak-anak masih di bawah umur, karena di bawah Curug Cihurang di buat seperti kolam untuk berenang untuk fasilitasnya cukup memadai dimana terdapat taman bermain, saung untuk beristirahat, ruang ganti pakaian.

Lokasi ini juga dapat di gunakan untuk berkemah.

FB_IMG_1521516554238.jpg

7. Curug Seribu
Lokasi : Kecamatan Pamajihan (waktu tempuh 2 jam)

Curug Seribu memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa bagian perjalanan menuju lokasinya saja sudah menantang, berupa setapak yang curam dan licin. Dan tentu daya tarik utamanya ketinggian air terjunnya yang mencapai 100 meter dengan curahan air yang besar.

Curug Seribu, tidak kalah pamor dengan Curug Nangka dan Curug Luhur. Konon, nama Curug Seribu diambil karena saat perjalanan menuju air terjun utama, anda akan bertemu dengan banyak air terjun kecil di sepanjang jalan.

Selain air terjun yang sangat segar, Curug Seribu juga punya pesona lain. Adalah monyet-monyet liar yang akan menyambut Anda di sini. Ingat, jangan keluarkan bekal makanan Anda jika tidak ingin dicuri oleh kawanan monyet di sini.

FB_IMG_1521516560179.jpg

8. Curug Panjang
Lokasi : Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

Curug Panjang adalah Curug keluarga, karena karakteristik yang landai dengan beberapa kolam jernih sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Belum lagi fasilitasnya yang sangat terawat dan pengamanannya yang terjamin.

Untuk mencapai Curug Panjang sangat mudah, cukup mengarahkan mobil ke arah puncak, dan dikiri jalan akan kita temui masjid Mega Mendung, lalu belokkan mobil ke jalan disamping masjid tersebut. Dari titik ini anda cukup ikuti petunjuk jalan yg akan mengarahkan menuju Curug Panjang.

Pengelola wisata di Curug Panjang menyediakan fasilitas wisata lainnya yaitu perkemahan dan pemancingan.

 

9. Curug Nagaqoh
Lokasi : Mega Mendung (waktu tempuh 1 jam 15 menit)

Tak banyak yang mengetahui keberadaan Curug Naga karena memang belum seterkenal Curug Cilember ataupun Curug Panjang. Namun siapa sangka bahwa Curug Naga ini letaknya bersebelahan dengan kawasan wisata Curug Panjang. Bahkan air terjunnya pun berasal dari aliran air yang sama dengan Curug Panjang.

Namun berbeda dengan Curug Panjang yang cocok untuk keluarga, Curug Naga cocok untuk para pecinta tantangan karena kita harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter untuk mencapainya. Belum lagi untuk mencapai Curug Naga selanjutnya kita harus melalui dengan melompat dari atas Curug. Meski keselamatan dijamin penuh, tetap saja Curug Naga tidak cocok bila membawa anak-anak ataupun orang tua.
Untuk berwisata ke Curug Naga inipun tidak seperti kawasan wisata lain, setidaknya kita harus reservasi terlebih dahulu dan mengambil pilihan paket wisata yang telah ditentukan. Dan biasanya yang datang ke Curug Naga adalah rombongan gathering.

Tapi bagi perseorangan pun bisa mengunjungi wisata ini asal jangan dihari biasa karena tutup.

FB_IMG_1521516575652.jpg

10. Curug Cilember
Lokasi : Kecamatan Cisarua (Waktu tempuh 1 jam 30 menit)

kalau Curug Pangeran punya air terjun sepi dan Curug Cigamea punya dua air terjun, maka Curug Cilember punya 7 tingkat air terjun. Lokasinya berada 20 km dari Kota Bogor ke arah Puncak. Lebih tepatnya berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sini, wisatawan dapat menikmati udara segar yang diiringi merdunya gemericik air. Sesampainya di lokasi, anda langsung disambut oleh jalan setapak yang begitu asri dengan pepohonan hutan lindung yang lebat. Jalan terus ke depan, anda akan bertemu dengan kios-kios pedagang dan taman kupu-kupu yang ternyata masih bagian dari wisata Curug Cilember.

Curug Cilember airnya cukup deras saat musim hujan, hempasan air dari puncak tebing sesekali akan membasahi tubuh Anda ketika berdiri di tepian kolam di bawahnya. Oleh karena memiliki 7 tingkat yang tidak terlalu tinggi, air terjun di Curug Cilember tidak terlalu deras. Cocok untuk lokasi bermain air.

Yang menarik, di kawasan ini juga terdapat taman observasi kupu-kupu. Fasilitas disinipun cukup lengkap, bahkan pengelola menyediakan penginapan di dekat air terjun Curug Cilember. Untuk menikmati sejuknya kawasan Curug Cilember dengan ke tujuh curug-nya yang indah.

FB_IMG_1521516581754.jpg

11. Curug Nangka
Lokasi : Kecamatan Taman Sari (waktu tempuh 2 jam)

Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat yang masuk dalam naungan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor. Daya tarik utama Wana Wisata Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m.

Curug Nangka adalah salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Bogor. Air terjun ini sudah sangat populer di telinga traveler. Adanya di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Curug Nangka berada pada ketinggian 750 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Maka tak heran banyak wisatawan yang jatuh hati kepadanya. Tapi sayangnya, air terjun ini sudah terlihat agak kotor, akibat sampah yang ditinggalkan para wisatawan.

Walaupun begitu, Curug Nangka tetap saja punya pesona. Airnya seakan tak pernah habis mengalirkan kesegaran. Tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan indah Curug Nangka adalah di atas batu besar yang ada di kolamnya. Batu-batu tersebut bisa menjadi tempat Anda bersantai sambil menikmati hempasan airnya dari atas.

FB_IMG_1521516588006

12. Curug Luhur
Lokasi : Desa Gunung Malang Tapos, Tenjolaya (waktu tempuh 2 jam)

Jika menggunakan kendaraan umum rute yang harus ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus. Tips dari saya, ketika hendak menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda bilang ke supir angkotnya kalau anda ingin ke Curug Luhur. Karena angkot trayek ini melewati 2 wisata Curug sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Luhur.

Atau jika anda ingin berwisata ke Curug Luhur menggunakan kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi tujuan Ciapus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug luhur, bisa melalui beberapa alternatif jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor kearah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri terus), maka akan sampai di Curug Luhur.

Curug Luhur, berada di daerah Kecamatan Ciomas, Bogor. Ketinggiannya mencapai 624 meter. Curug Luhur yang mempunyai dua air terjun yang sejajar ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km di selatan Jakarta.

Keunggulannya, Curug Luhur yaitu mempunyai tebing yang cukup tinggi, yaitu sekitar 50 meter. Maka dari itu, air terjun ini diberi nama Curug Luhur atau Air Terjun Tinggi.

Curug Luhur memiliki dua air terjun yang letaknya sejajar. Konon, dulu Curug Luhur hanya punya satu air terjun saja. Tapi kemudian, oleh masyarakat setempat, dibuatlah cabang sungai baru agar air yang keluar dari puncak tebing tidak hanya satu. Hasilnya, saat ini Curug Luhur punya dua air terjun yang cantik.

FB_IMG_1521516594551.jpg

13. Curug Cikaracak
Lokasi : Kecamatan Caringin (waktu tempuh 2 jam)

Di samping panorama yang natural, Curug Cikaracak memiliki dua air terjun yang masing-masing berketinggian 40 m dan 20 m dengan aliran air yang jernih dan deras. Curug Cikaracak ini masuk dalam bagian kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

FB_IMG_1521516601395.jpg

14. Curug Ciismun
Lokasi : Kawasan Kebun Raya Cibodas (waktu tempuh 2 jam)

Akan lebih dekat bila ditempuh jika kita melewati pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya sekitar 30 menit berjalan kaki. Curug Ciismun memiliki ketinggian lebih dari 50 meter, lengkap dengan kolam kecil di bawahnya yang di penuhi dengan bebatuan.

FB_IMG_1521516608020.jpg

15. Curug Cibeurem
Lokasi : Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (waktu tempuh 2 jam)

Butuh perjuangan dan tenaga ekstra untuk mencapai Curug Cibeureum karena kita harus melakukan trekking selama 1,5 jam dengan trek berbatu yang menanjak. Tapi tak perlu khawatir karena suasananya yang alami akan terus menjadi “multivitamin” tersendiri bagi kita. Belum lagi beberapa spot selama perjalanan yang sangat eksotis untuk berfoto, seperti spot telaga biru dan spot jembatan kayu yang dikelilingi ilalang setinggi 2 meter.

Jika beruntung, selama trekking kita sesekali akan menemui owa jawa yang berhabitat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Keindahan Curug Cibeureum sungguh luar biasa akan membayar lunas semua perjuangan kita untuk mencapainya. Terdapat 3 buah air terjun yang berjejer dengan latar belakang tebing tinggi. Masing-masing air terjun pun memiliki karakter tersendiri.

Curug pertama memiliki ketinggian paling rendah sekitar 20 meter namun memiliki debit air paling deras. Curug selanjutnya memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan curah air yang seakan bertingkat. Dan curug lainnya terletak agak tersembunyi dibalik pepohonan.

Beberapa tips mengunjungi curug (air terjun) di kawasan Bogor :

Berdoa sebelum memasuki kawasan wisata air terjun (curug)
Berbicara dengan sopan selama di kawasan wisata air terjun (curug)
Bawa makanan dan minuman sendiri karena seperti halnya tempat wisata lain, harga makanan dan minuman menjadi lebih mahal. (co: pop mie 8.000)
Bila berkunjung di musim hujan, datanglah dipagi hari maksimal jam 9 untuk menghindari hujan yang biasanya turun pada siang hari.
Bawa payung dan gunakan rain cover pada daypack
Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking
Bawa pakaian ganti
Bawa plastik untuk pakaian basah
Bawa alas untuk sekedar duduk-duduk atau meletakkan tas

Demikian ulasan beberapa macam Curug (air terjun) di kawasan Bogor, semoga bermanfaat dan menjadi alternatif tempat wisata di Bogor. Selamat berlibur..

 

Nah, bagaimana baraya tertarik untuk mengunjunginya? Mang saka kayaknya pengen ke curug bidadari euy.. Hehe..

Ok baraya, sekian dulu ya infonya.. Hatur nuhun atos mampir.. Semoga berguna.

 

 

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sharing Berbagi dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Bogor Punya Belasan Air Terjun Loh.. Kamu Suka Yang Mana??

  1. Emang berkata:

    Bogor memang sangat indah alamnya

    Suka

  2. mysukmana berkata:

    Kalau kyk gini memang bawaannya pengen mandi..hehee

    Disukai oleh 1 orang

Thanks udah mampir dan komen barayaaa...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s