Pengalaman Membayar Pajak Motor 5 Tahunan di Samsat Cibinong Bogor.. Cepat dan Mudah..

Meskipun hari ini cuaca di pagi hari sedang mendung dan gerimis gerimis manja gitu lur, enaknya tarik selimut lagi lur, hahaha.. Tapi mamang daek teu daek kudu meluncur ke bogor kota, tepatnya ke daerah ciluar cibinong, untuk membayar pajak lina tahunan si jetwahid, soalnya ga ada waktu lagi karena hari ini tanggal terakhir alias expirednya dan kudu bayar pajak. Kalau besok mah alamat kena denda deh, telat sehari sama dengan telat setahun lur, haha.. Jadi pagi-pagi mamang berangkat biar tidak kesiangan dan antrian tidak terlalu banyak.. Perjalanan dari rumah ke lokasi lumayan jauh lur sekitar satu jam perjalanan, bisa lebih kalau seumpama ada kemacetan di beberapa titik..

Membayar pajak motor lima tahunan ini berbeda dengan membayar pajak motor tiap tahunnya ya lur.. Kalau bayar pajak tahunan kita cukup datang ke kantor SAMSAT terdekat, kalau lima tahunan kita kudu ke kantor SAMSAT pusat ya lur.. Selain itu caranya pun berbeda, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui.. Berikut proses cara membayar pajak lima tahunannya lur.. Cekidot..

Tahap pertama. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan. Sebelum betangkat ke lokasi, terlebih dahulu kiata siapkan berkas yang perlu dibawa lur, diantaranya: fotocopi KTP, fotocopi STNK dan fotocopi BPKB, masukin ke sebuah map. Berkas aslinya jangan lupa dibawa juga ya lur.. Nah, kalau ga mau ribet, dari rumah kita cukup bawa aja yang aslinya, nanti di sana juga ada jasa tukang fotocopi. Mamang juga gitu, pas di lokasi tinggal parkirin motor terus ke tukang fotocopi, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan, kita tinggal bilang mau bayar pajak lima tahunan.. Kemudian kita bayar jasa fotocopinya goceng, iya limaribu saja lur, murahlah ya.. Hehe..

Tahap kedua. Setelah berkas-berkas lengkap, kita jangan ke tempat parkir dulu, tapi langsung ke lokasi Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Motor. Terlebih dahulu kita berikan berkas yang kita bawa ke petugas yang sudah standby di lokasi. Setelah di cek kelengkapan berkasnya, barulah petugas akan mengecek fisik motornya untuk kemudian di gesek nomor rangka dan nomor mesinnya. Setelah selesai, petugas akan memberikan selembar kertas yang sudah ditempelin gesekan nomor rangka dan nomor mesin motor kita guna melengkapi berkas yang sudah ada yg kita bawa tadi.

Contoh petugas sedang menggesek nomor mesin motor
Pos ini dipublikasikan di Sharing Berbagi, Umum, Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.